Contoh Proposal Pembangunan Masjid Lengkap Plus RAB

Contoh proposal pembangunan masjid lengkap plus RAB. Pembangunan masjid merupakan tanggungjawab bersama bagi umat Islam, tidak terbatas hanya pada umat Islam yang ada di sekitar masjid saja. Karena masjid adalah rumah Allah.

Namun pembangunan mesjid seringkali terhambat oleh kekurangan bahan material atau upah tukang. Hal ini seringkali disebabkan oleh keterbatasan ekonomi masyarakat di lingkungan masjid.

Nah, dalam kondisi seperti ini, panitia pembangunan masjid biasanya mencari dana untuk menyelesaikan pembangunan dengan berbagai cara yang halal, baik dan tidak mengikat. Di beberapa tempat misalnya ada yang mengumpulkan dana dengan cara menyimpan kotak amal di warung-warung, di pinggiran jalan, menggalang dana di kitabisa.com dan/ atau mengajukan proposal kepada pemerintah dan donatur.

Sepanjang tidak menjatuhkan harga diri Islam sendiri dan bukan untuk kepentingan pribadi, usaha seperti itu tidak dilarang. Sebagai upaya saya membantu Anda yang sedang membangun mesjid, di sini saya akan berbagi file contoh proposal pembangunan masjid yang lengkap dengan rencana anggaran biaya (RAB)-nya.

Bagian Proposal Pembangunan Masjid

Contoh proposal pembangunan masjid ini terdiri dari 4 bagian, yaitu cover (jilid proposal), surat permohonan dana yang ditujukan kepada Bupati, Gubernur, Kemenag atau donatur lainnya, isi proposal dan lampiran.

Isi proposal terdiri atas pendahuluan sebagai pengantar, latar belakang dilaksanakannya pembangunan masjid, dasar pemikiran, tujuan diadakannya pembangunan mesjid, susunan panitia, RAB pembangunan mesjid dan penutup.

Sedangkan bagian lampiran, yaitu terdiri atas susunan panitia pembangunan masjid dan RAB. Nah, setelah mengetahui bagian-bagian dari proposal pembangunan masjid ini, nantinya tinggal dijilid rapi dengan susunan atau urutan yang benar.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh proposal bantuan dana masjid di bawah ini.

Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Berikut ini sampul contoh pengajuan dana pembangunan masjid ke Gubernur. Anda bisa mengisi titik-titiknya dengan nama masjid dan alamat sesuai dengan alamat domisili masjid.
jilid contoh proposal pembangunan masjid

Contoh surat permohonan dana bantuan pembangunan masjid:
Contoh surat proposal pembangunan masjid

Bagian isi proposal dan lampiran dapat Anda download nanti di link yang akan saya bagikan. Pada surat permohonan dana bantuan pembangunan masjid, di bawah ketua dan sekretaris harus ada tanda tangan kepala desa dan camat setempat agar proposal lebih dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Download Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Anda tidak perlu repot-repot mengetik ulang proposal, karena saya sudah sediakan file dana pembangunan masjid lengkap dalam format Ms Word. Silakan unduh di sini.

Demikianlah file dokumen proposal pengajuan dana pembangunan masjid ini, semoga bermanfaat. Proposal ini hanya dasar-dasarnya saja, Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan dan kondisi masjid masing-masing.

Terima kasih.

0 Response to "Contoh Proposal Pembangunan Masjid Lengkap Plus RAB"

Posting Komentar